Kamis, 02 November 2023

Pentingnya Memahami Ciri-Ciri Beras Organik dalam Pemilihan Makanan

ciri-ciri beras organik


Ciri-ciri beras organik - Menjadi salah satu makanan pokok hampir separuh penduduk dunia, khususnya di Asia, nasi juga menjadi sumber utama karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Pertanian organik merupakan pendekatan pertanian berkelanjutan karena bersifat komersial dan memecahkan permasalahan pertanian konvensional.

Pertanian organik menjadi jalan keluar bagi petani yang memiliki keterbatasan lahan dan usaha skala kecil, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Beras organik adalah beras yang diperoleh dari beras organik yang ditanam tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia. Tujuannya untuk memperoleh karakteristik mutu beras organik.

Baca Juga : Pengaruh Beras Organik Terhadap Gula Darah: Menjaga Kesehatan dengan Pilihan Nutrisi

Perbedaan Beras Organik dan Non Organik

Organik adalah istilah pelabelan yang menyatakan bahwa suatu produk telah diproduksi sesuai dengan standar produksi organik yang disertifikasi oleh lembaga atau badan sertifikasi resmi. Penggunaan fasilitas produksi yang berasal dari produk non-organik diminimalkan. Namun penggunaan pupuk pestisida sintetik sama sekali tidak diperbolehkan.

Beras organik merupakan produk organik yang informasinya mudah didapat oleh masyarakat, sehingga mengetahui manfaat dari mengkonsumsi beras organik. Namun belum banyak informasi mengenai ciri-ciri Beras Organik itu sendiri. Adapun ciri-ciri dari beras organik bisa anda simak penjelasan dibawah ini:

Tumbuh dengan pupuk organik dan tanpa pestisida

Ciri-ciri Beras Organik yang pertama adalah ditanam dengan pupuk organik dan tanpa pestisida. Perbedaan paling kentara terletak pada pemberantasan hama. Dalam pertanian organik, pupuk dan pestisida yang digunakan berasal dari bahan organik dan pupuk kandang berasal dari kotoran tanaman atau hewan atau produk samping seperti kompos jerami padi atau limbah tanaman lainnya. Sedangkan untuk mencegah dan memberantas hama dan penyakit digunakan biopestisida yang berasal dari ekstrak bahan aktif tumbuhan.

Baca Juga : Manfaat dan Keistimewaan Beras Organik dalam Konteks Diabetes

Sistem Pengairan yang Bagus

Ciri Beras Organik yang kedua yaitu air yang digunakan untuk pengairan pertanian. Selain budidaya dengan pupuk organik dan tanpa pestisida. Penggunaan air juga perlu diperhatikan karena nantinya dapat mempengaruhi kualitas beras organik. Air juga perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan air yang digunakan untuk irigasi jernih dan tidak tercemar bahan kimia sintetis.

Mengandung lebih banyak nutrisi

Ciri-ciri Beras Organik yang ketiga adalah kandungan nutrisinya lebih banyak. Seperti yang kita ketahui cara menanam padi organik dengan cara alami agar kandungan beras organik kaya akan nutrisi dan mineral selain glukosa, karbohidrat dan protein yang mudah terurai sehingga aman dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras organik juga baik untuk program diet, mencegah kanker, serangan jantung, asam urat, hipertensi dan diabetes.

Cari tahu di mana membeli beras

Ciri terakhir dari Beras Organik adalah mengetahui di mana membeli beras. Cara paling mudah untuk mengetahui beras organik atau non-organik bisa dilihat di tempat Anda membeli beras tersebut.

Kesimpulan

Ciri-ciri beras organik adalah panduan penting dalam mengidentifikasi dan memahami produk beras yang dihasilkan secara alami dan berkelanjutan. Beras organik ditanam tanpa menggunakan pestisida kimia atau pupuk sintetis, yang membuatnya lebih ramah lingkungan. Selain itu, beras organik sering kali mengandung lebih sedikit residu pestisida, yang bisa berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan konsumen.

Bahan makanan yang diproduksi secara organik juga cenderung lebih kaya akan nutrisi dan serat, yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Keberagaman jenis beras organik juga menawarkan pilihan yang lebih luas bagi konsumen yang mencari berbagai tekstur, rasa, dan manfaat kesehatan.

Memilih beras organik adalah langkah bijak untuk mendukung lingkungan, kesehatan pribadi, dan pertanian yang berkelanjutan. Dengan memahami ciri-ciri beras organik, kita dapat membuat keputusan yang lebih sadar dalam memilih makanan yang kita konsumsi.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya Metode Pertanian Organik: Membangun Keharmonisan dengan Alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjelajahi Indeks Glikemik Beras Putih: Dampaknya Terhadap Kesehatan Gula Darah

Nasi putih merupakan makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Nasi putih terbuat dari beras yang telah diolah dengan mengh...